Wisata Indonesia dan Dunia

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja yang Favorit dan Terkenal

7 Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Favorit, Terkenal, dan Recomended
Oleh oleh khas jogja yang paling favorit, terkenal, dan recomended - Bicara tentang Yogyakarta, pasti banyak sekali ungkapan dan julukan untuk kota istimewa yang satu ini. Jogja menawarkan berbagai macam wisata, baik dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, dan masih banyak wisata yang lainnya. Memang berjalan-jalan di kota Yogyakarta sangat menyenangkan. Dari mengunjungi berbagai tempat wisata menarik, sampai memuaskan lidah dan perut dalam wisata kuliner keliling Jogja.

Nah, apabila Anda sudah puas mengelilingi Kota Jogja, mengunjungi tempat-tempat wisatanya, dan juga mencicipi kuliner khasnya, maka belum lengkap jika Anda tidak membawa oleh-oleh khas Jogja untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan tentang Kota Jogja, ataupun untuk dibagikan kepada sanak keluarga serta teman-teman Anda.

Ada beberapa pilihan oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda pilih, baik berupa makanan ataupun berupa sofenir. Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang favorit dan terkenal yang bisa Anda bawa pulang.

6 Oleh-oleh Rekomendasi Khas Jogja

  1. Bakpia
  2. Oleh-oleh Khas Jogja : Bakpia
    Oleh-oleh Khas Jogja : Bakpia
    Anda pasti sudah kenal dengan bakpia kan? Benar sekali, bakpia merupakan jenis kue yang terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau yang dimasak dengan cara dipanggang. Bakpia juga erat hubungannya dengan budaya Tionghoa.

    Jaman dahulu, bakpia diisi dengan cincangan daging babi, akan tetapi karena pengaruh Islam yang masuk ke Jawa, maka isi bakpia kemudian diganti dengan kacang hijau yang telah dicincang dan diberi rasa manis dari gula.

    Salah satu nama bakpia yang terkenal adalah Bakpia Pathok. Bakpia ini berasal dari daerah Pathuk, Jogja. Bentuk bakpia ini bulat kecil-kecil denagn isi kacang hijau yang telah dicincang dan diberi rasa manis dari gula.

    Namun, saat ini Anda dapat menemukan olahan makanan oleh-oleh khas Jogja ini dalam berbagai warna dan varian rasa. Hal itu dilakukan guna menarik perhatian pembeli. Anda bisa membeli bakpia dengan rasa durian, coklat, keju, kumbu hitam, susu, kopi, dan berbagai varian rasa lainnya.

    Bakpia ini dijual dengan kisaran harga 28 ribu rupiah hingga 38 ribu rupiah per kotaknya (harga bisa berubah). Banyak yang menjajakan bakpia ini, jadi Anda tidak akan bingnug akan membeli bakpia di mana. Namun bila Anda belum tahu juga di mana tempat untuk membeli bakpia, untuk memudahkan Anda, bisa mengikuti petunjuk ini :

    Alamat : Jl. Glagahsari No. 91C, Yogyakarta | Telp. (0274) 380502
    Peta lokasi : klik di sini
    Koordinat GPS : -7.807688,110.387705

  3. Yangko
  4. Oleh-oleh Khas Jogja : Yangko
    Oleh-oleh Khas Jogja : Yangko
    Jika dibandingkan dengan bakpia, nama Yangko masih kurang populer dan jarang didengar sebagai oleh-oleh kahs Jogja. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu Yangko? Yangko merupakan jajanan yang hampir mirip dengan kue moci, makanan kecil ini terbuat dari tepung beras ketan yang berisi kacang cincang.

    Yangko memiliki rasa yang lembut, kenyal, dan manis yang siap menggoyang lidah Anda. Jajanan yang satu ini juga salah satu makanan oleh oleh yang banyak digemari oleh wisatawan. Pastinya rasa yangko ini tidak kalah oleh rasa bakpia.

    Tempat terbaik untuk menemukan Yangko adalah di kawasan Kotagede, karena dari sinilah jajanan Yangko ini bermula. Kue Yangko ini dijual dalam harga yang variatif, berkisar 8 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah per kotaknya (harga bisa berubah). Untuk memudahkan Anda, bisa mengikuti petunjuk ini :

    Alamat : Jl. Pramuka No.82, Yogyakarta | Telp. (0274) 380757
    Peta lokasi : klik di sini
    Koordinat GPS : -7.824167,110.390038

  5. Cokelat Monggo
  6. Oleh-oleh Khas Jogja : Cokelat Monggo
    Oleh-oleh Khas Jogja : Cokelat Monggo
    Oleh-oleh khas jogja yang satu ini, sekarang banyak dicari oleh para wisatawan. Dan menariknya lagi, rasa Cokelat Monggo ini hampir sama dengan rasa coklat belgia yang teksturnya lembut. Dengan kata lain, membeli Cokelat Monggo, Anda tidak perlu ke belgia untuk merasakan sensasi nikmat coklat Belgia.

    Anda bisa pergi ke showroom & factory di mana Cokelat Monggo ini diolah, yaitu di daerah Kotagede. Di tempat tersebut Anda juga bisa membelinya, walaupun saat ini Cokelat Monggo mudah ditemukan diberbagai tempat oleh-oleh yang ada di Jogjakarta.

    Saat ini, Cokelat Monggo telah berkembang dan membuka cabang, dengan hampir 150 staf yang tersebar diberbagai kantor di Jogja, Jakarta, dan Surabaya. Meski demikian, produksi utama cokelat Monggo tetap berada di Kotagede Jogjakarta. Berikut alamat showroom & factory Cokelat Monggo.

    Alamat : Jl. Dalem KG III / 978, Purbayan Kotagede, Yogyakarta | Telp. (0274) 7102202
    Peta lokasi : klik di sini
    Koordinat GPS : -7.831602,110.399402

  7. Geplak
  8. Oleh-oleh Khas Jogja : Geplak
    Oleh-oleh Khas Jogja : Geplak
    Yogyakarta memang terkenal dengan kulinernya yang bercitarasa manis, termasuk untuk jajanan yang satu ini, geplak. Geplak merupakan jajanan khas Bantul, sebuah kabupaten di Jogja yang dijuluki pula sebagai Kota Geplak. Geplak terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis, gula, dan tepung beras atau bisa juga tepung ketan.

    Saat ini, geplak telah dimodifikasi sehingga tersedia dalam berbagai varian rasa dan warna cerah yang menggoda. Di Bantul, Anda dapat menemukan Geplak pada sebuah toko yang juga merupakan produsen geplak, bernama Toko Geplak Jago, yang letaknya di Jln. Wachid Hasyim, Bantul.

    Di sepanjang jalan tersebut, juga ada Toko Geplak Mbok Tumpuk. Pada umumnya, Geplak dijual dalam kisaran harga 16 ribu rupiah per kg, tatapi tentu saja harga bisa berubah, apalagi disaat musim liburan, Lebaran, atau pun pengaruh dari harga dolar.

    Alamat : Jl. Wachid Hasyim No. 28, Yogyakarta | Telp. (0274) 367727
    Peta lokasi : klik di sini
    Koordinat GPS : -7.775022,110.400424

  9. Kain Batik
  10. Oleh-oleh Khas Jogja : Batik
    Oleh-oleh Khas Jogja : Batik
    Siapa yang tidak mengenal batik, jogja dan batik bisa dikatakan memiliki hubungan yang bisa dikatakan erat kaitannya. Pasar Beringharjo menjadi tempat favorit untuk mendapatkan oleh-oleh khas Yogyakarta, termasuk batik. Sebenarnya tidak hanya batik, di pasar tersebut juga terdapat berbagai barang menarik dan unik lainnya yang dapat Anda jadikan oleh-oleh.

    Secara umum, harga batik yang ditawarkan di pasar tersebut relatif cukup murah. Akan tetapi ada baiknya jika Anda perlu memiliki kemampuan menawar harga untuk mendapatkan batik atau barang yang disukai lainnya dengan harga terjangkau, bisa Anda simak di tips belanja murah. Untuk bisa memilih aneka ragam batik, silahkan ke alamat berikut ini :

    Alamat : Jl. Pabringan 1, Yogyakarta | Telp. (0274) 515871
    Peta lokasi : klik di sini
    Koordinat GPS : -7.7988324,110.3654458

  11. Kaos Dagadu
  12. Oleh-oleh Khas Jogja : Kaos Dagadu
    Oleh-oleh Khas Jogja : Kaos Dagadu
    Kaos khas jogja ini merupakan kaos yang identik dengan kata-kata plesetan khas jogja yang membuat Anda tertawa jika membaca tulisan yang terdapat pada kaos tersebut. Dagadu sendiri berasal dari bahasa Walikan atau bahasa gaul Yogyakarta, yang berarti 'matamu'.

    Hal itu semakin jelas terlihat pada logo kaos yang berbentuk gambar sebuah mata. Dagadu merupakan brand kaos yang telah menjadi bagian identitas wisata Jogja. Saat ini, Anda dapat menjumpai kaos Dagadu dibanyak tempat, baik itu di pasar maupun emperan jalan.

    Untuk tempat pembelian, Anda bisa menemukan kaos Dagadu ini di Mal Malioboro, Ambarukmo Plaza, dan di daerah Pakuningratan. Saat ini terdapat banyak sekali kaos abal-abal yang mencatut nama Dagadu. Agar tak tertipu, sebaiknya Anda membeli di ke-tiga tempat tersebut.

    Gerai utama Dagadu dapat Anda jumpai di Unit Gawat Dagadu (UGD) yang berlokasi di Jalan Pakuningratan, dekat Tugu. Di tempat tersebutlah berbagai kaos dagadu dalam varian kreatif dibuat dan diciptakan hingga menjadi bagian oleh-oleh khas Jogja yang menarik hati.

    Alamat : Jl. Ikip Pgri Sonopakis 50, Karangwaru , Tegalrejo, Yogyakarta | Telp. (0274) 373493
    Peta lokasi : klik di sini
    Koordinat GPS : -7.780849,110.365862
Demikan postingan tentang rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang favorit dan terkenal kali ini, semoga bermanfaat dan semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang berkunjung ke Jogja dan ingin membeli oleh-oleh khas dari kota gudek ini.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja yang Favorit dan Terkenal"

  1. Ola grande amigo, que bom ter a sua preciosa visita em meu blog. Tenha uma excelente semana.

    abraços do Brasil.

    ReplyDelete