8 Lokasi Tempat Wisata Pulau Batam yang Bisa Anda Nikmati

Tempat Wisata di Batam
Tempat Wisata di Pulau Batam - Pulau Batam, merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam wilayah Kepulauan Riau. Pulau ini merupakan pulau yang paling dekat letaknya dengan Negara Singapura. Saat malam hari tiba, Anda akan bisa melihat gemerlap lampu-lampu Kota Singapura dari kejauhan melalui Kota Batam.

Walaupun Kota batam terkenal sebagai pusat industri perlengkapan elektronik, namun dibalik itu semua, pulau ini juga menyimpan lokasi wisata yang dapat Anda kunjungi. Berikut ini ada 8 lokasi tempat wisata Pulau Batam yang bisa Anda nikmati bersama keluarga ataupun teman-teman Anda.

8 Lokasi Tempat Wisata Pulau Batam

  1. Pantai Nongsa
  2. Pantai Nongsa, Tempat Wisata di Pulau Batam
    Pantai Nongsa, Tempat Wisata di Pulau Batam
    Pantai Nongsa atau yang lebih dikenal dengan nama Nongsa Tua oleh penduduk sekitar, merupakan pantai yang terletak di sebelah utara Pulau Batam. Tepatnya di perkampungan nelayan Kel. Sambau, Nongsa. Pantai dengan pasir putih ini merupakan lokasi tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset, karena pantai ini menghadap ke barat laut.

    Selain itu, karena letaknya tidak jauh dari Singapura, (hanya perlu waktu setengah jam menggunakan perahu motor untuk pergi ke pantai selatan Singapura), maka ketika malam hari tiba, dari pantai ini Anda dapat melihat kerlap-kerlip lampu dari bangunan pencakar langit yang ada di Singapura. Karena lokasinya dekat dengan dermaga, maka banyak yacht mewah (sejenis kapal layar) yang bersandar. Hal ini memberikan pemandangan tersendiri di pantai ini.

    Membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Kota Batam untuk sampai ke lokasi pantai ini. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa taksi, karena untuk menuju lokasi ini tidak ada jalur angkutan umum khusus.
    Informasi Penting
    Harga tiket masuk : Rp. 9.500/orang (harga bisa berubah)
    Harga parkir kendaraan : motor Rp. 5.000, mobil Rp. 10.000 (harga bisa berubah)
    Akses menuju ke sana : Kendaraan pribadi, kendaraan sewa atau menggunakan taksi dari pusat kota Batam.
    Estimasi waktu : Sekitar 40 menit, sedangkan jika dari Bandara Hang Nadim, Batam, maka perjalanan yang ditempuh sekitar 20 menit.
  3. Water Park Top 100 Batu Aji
  4. Tempat Wisata Batam : Water Park Top 100 Batu Aji
    Tempat Wisata Batam : Water Park Top 100 Batu Aji
    Water Park Top 100 Batu Aji merupakan tepat rekreasi bermain air terbesar di Pulau batam. Di sini anda dapat berwisata bersama keluarga. Waterpark Top 100 Batam juga memiliki kolam arus untuk orang dewasa yang panjangnya sekitar 150 meter dan kedalaman sekitar 120cm. Selain kolam arus dewasa, Waterpark juga menyediakan kolam arus untuk Balita, tentunya harus dengan pengawasan orang tua.

    Untuk dapat menikmati permainan di Waterpark Top 100 Batu Aji, Anda perlu membeli tiket masuk seharga Rp. 55.000 pada hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur Nasional. Sedangkan pada hari kerja biasa, yaitu hari Senin sampai Jumat, harga tiketnya adalah Rp. 35.000.

    Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk setiap orang yang memiliki tinggi badan di atas 80cm, sedangkan yang memiliki tinggi badan di bawah 80cm dapat menikmati permainan di Waterpark Top 100 Batam dengan free alias gratis.
    Informasi Penting
    Harga tiket masuk : Rp. 35.000 di hari Senin-Jumat dan Rp. 55.000 di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. (harga bisa berubah)
    Harga tiket masuk berlaku hanya untuk yang memiliki tinggi badan di atas 80cm.
    Harga sewa loker : Rp.10.000/loker (bagi yang mau)
    Harga sewa pelampung : Single Rp. 15.000 dan Double Rp. 20.000
  5. Jembatan Barelang
  6. Tempat Wisata di Batam : Jembatan Barelang
    Tempat Wisata di Batam : Jembatan Barelang
    Jembatan barelang merupakan ikon Kota Batam. Jembatan yang juga terkenal dengan jembatan Habibie ini merupakan jembatan yang menghubungkan beberapa pulau, yaitu : Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang. Oleh karena itulah jembatan ini dinamakan Barelang yang merupakan singkatan dari ketiga nama pulau tersebut.

    Letaknya 60 Km dari Kota batam dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Biasanya, menjelang sore hari banyak orang yang mengunjungi jembatan ini untuk menikmati keindahan pemandangan yang disajikan dari tempat ini, walau hanya sekedar untuk bersantai, atau yang paling sering dilakukan adalah mengambil foto dengan latar belakang sekitar jembatan.
    Informasi Penting
    Disebut sebagai Jembatan Habibie karena beliaulah yang merencanakan pembangunan jembatan ini pada tahun 1992.
    Barelang merupakan singkatan dari nama pulau yang dihubungkan, yaitu : Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang.
  7. Ocarina Park
  8. Tempat Wisata di Batam - Ocarina Park
    Tempat Wisata di Batam : Ocarina Park
    Ocarina Park merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang direncanakan akan semegah Ancol yang ada di Jakarta. Di tempat ini tersedia banyak wahana permainan, antara lain : Giant Wheel, Trampolin, Flying Fox, Sepeda Air, Water Boom, dan lain-lain.

    Tempat wisata ini Dibuka tahun 2008, memang tempat ini termasuk baru, namun sudah menjadi salah satu tempat wisata di Batam yang wajib untuk dikunjungi. Tempat ini menawarkan wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Selain merupakan area bermain dan tempat wisata keluarga, Ocarina Park juga seringkali digunakan sebagai tempat acara besar atau event, seperti konser musik dan event-event besar lainnya.

    Sebagai sebuah kawasan wisata terpadu, Anda dapat menikmati santapan khas Indonesia dengan mendatangi Kampoeng Indonesia yang ada di Megawisata Ocarina. Di Kampoeng Indonesia yang masih merupakan kawasan Ocarina Park ini, tersedia berbagai makanan khas Indonesia yang dapat Anda pilih dan nikmati bersama keluarga.
    Informasi Penting
    Harga tiket masuk : Rp. 5.000 /orang, tidak termasuk harga bermain di wahana permainan. (harga bisa berubah)
    Ocarina Park Dibuka pada tahun 2008.
    Ocarina Park adalah sebuah kawasan wisata terpadu, direncanakan akan semegah Jakarta Ancol.
  9. Camp Vietnam
  10. Tempat Wisata di Batam - Camp Vietnam
    Tempat Wisata di Batam - Camp Vietnam
    Kisah manusia perahu Vietnam adalah ba­gian dari sejarah kemanusiaan yang kelam. Penindasan akibat pergolakan politik berke­pan­jangan Indochina memaksa ribuan rak­yat Vietnam meninggalkan tanah air mereka dan akhirnya beberapa terdampar di Pulau Galang. Camp Vietnam adalah sebuah lokasi yang merupakan bekas camp para pengungsi asal Vietnam yang pernah tinggal di Pulau Galang dari tahun 1979 hingga tahun 1996.

    Saat ini Camp Vietnam tidak berpenghuni, karena Pemerintah Indonesia yang mengijinkan mereka tinggal di Kampung Vietnam, sedikit demi sedikit telah memulangkan mereka ke kampung halamannya. Walaupun saat ini tempat tersebut kosong, Kampung Vietnam masih merupakan tempat wisata di Batam yang menarik untuk dikunjungi

    Di camp ini, Anda masih dapat menyaksikan sisa-sisa peninggala para pengungsi Vietnam atau yang terkenal dengan sebutan manusia perahu, seperti rumah sakit PMI, rumah sakit UNHCR, museum, gereja, pagoda, hingga pemakaman.
    Informasi Penting
    Camp Vietnam di Pulau Galang terbuka untuk umum setiap hari, mulai dari pukul 7.30 pagi sampai 17.30 sore.
    Manusia Perahu atau pengungsi asal Vietnam tinggal di Pulau Galang dari tahun 1979 sampai tahun 1996.
  11. Bukit Senyum
  12. Tempat Wisata di Batam - Bukit Senyum
    Tempat Wisata di Batam - Bukit Senyum
    Bukit senyum merupakan sebuah kawasan perbukitan yang ada di Batam. Bukit ini bukan bukit biasa, dari bukit ini Anda dapat melihat keindahan kota Singapura, terutama pada saat malam hari. Uniknya lagi, Anda juga dapat melihat pesawat datang dan pergi dari bandara Changi, Singapura.

    Waktu terbaik untuk datang ke Bukit Senyum adalah pada saat malam hari. Dengan bersantai di rerumputan atau duduk di bangku yang tersedia di sana, bercengkrama dan menyaksikan panorama kota Singapura di malam hari dengan gemerlap lampu-lampunya akan menjadi hal yang mengasyikkan.
    Informasi Penting
    Waktu terbaik untuk datang ke Bukit Senyum adalah pada saat malam hari, apalagi saat di malam tahun baru, karena pemandangan akan lebih indah menyaksikan gemerlap lampu serta kembang api yang berterbangan di udara, di langit Batam dan Singapura.
  13. Kebun Buah Naga
  14. Tempat Wisata di Batam - Kebun Buah Naga
    Tempat Wisata di Batam - Kebun Buah Naga
    Walaupun Merupakan Kota industri, ternyata Batam memiliki lokasi wisata agro. Kebun naga ini terletak dekat jembatan Barelang IV. Luas kebun ini sekitar 105 hektar dan di kelola oleh 36 petani. Salah satu perkebunan yang cukup terkenal yaitu Naga Zore. Perkebunan Naga Zore ini sudah cukup terkenal di kalawangan wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan asing juga pernah mengunjungi perkebunan buah naga ini.

    Di lokasi perkebunan buah naga ini para pengunjung bisa memetik langsung buah naga dan menikmati nya, baik dengan dimakan langsung maupun yang telah diolah menjadi minuman jus. Kebun buah naga ini juga menjadi salah satu lokasi wisata pulau Batam yang banyak dikunjungi.

    Pengunjung biasanya datang ke tempat ini untuk melihat secara langsung pohon buah naga, mencoba buah naga yang baru dipetik dan masih segar, maupun untuk berfoto-foto di area perkebunan.
    Informasi Penting
    Meski pengunjung secara leluasa bisa menjelajahi perkebunan ini, namun Anda dilarang untuk memetik sendiri buah naga, untuk menghindari rusaknya pohon buah naga.
    Anda bisa membeli buah naga yang baru dipetik dengan harga Rp. 40.000/kilo (harga bisa berubah)
  15. Patung Dewi Kuan Im
  16. Tempat Wisata di Batam - Patung Dewi Kuan Im
    Tempat Wisata di Batam - Patung Dewi Kuan Im
    Patung ini berada di kawasan Tanjung Pinggir, Sekupang, tepatnya di daerah KTM Resort, Sekupang, Batam. Lokasi ini biasanya digunakan sebagai tempat sembahyang umat Budha.

    Para pengunjung yang ingin bersembahyang dan menikmati keindahan patung ini bukan saja penduduk lokal, namun juga pengunjung dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan juga China.
    Informasi Penting
    Tinggi patung Dewi Kuan Im ini mencapai kurang lebih sekitar 22,37 meter.
    Patung ini selesai dibangun pada tahun 2004. Dengan ukurannya yang cukup besar, Patung Dewi Kwan Im berwarna putih bersih ini menarik perhatian setiap pengunjung yang berada di kawasan KTM Resort.
Demikian postingan kali ini, yaitu tentang tempat wisata di Batam yang bisa Anda kunjungi dan nikmati baik sendiri, bersama keluarga, ataupun bersama rekan-rekan Anda. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi tentang tempat wisata di Pulau Batam yang bisa Anda kunjungi dan nikmati.

Subscribe to receive free email updates: