Menikmati Kedamaian di Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo - Alas Purwo merupakan sebuah Taman Nasional yang berada di kawasan hutan hujan tropis. Nama Alas Purwo jika diartikan kedalam bahasa Indonesia memiliki makna Hutan Pertama atau hutan tertua di Pulau Jawa.

Secara administratif, letak Taman Nasional Alas Purwo berada di Kec. Tegaldlimo dan Kec. Purwoharjo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Taman Nasional Alas Purwo memiliki luas sekitar 43.420 hektare dan sebelum menjadi Taman Nasional, Alas Purwo merupakan Suaka Marga Satwa.

Dikalangan masyarakat Banyuwangi, Alas Purwo merupakan tempat keramat yang memiliki misteri keangkerannya sendiri. Masyarakat percaya jika di Alas Purwo terdapat Istana jin yang merupakan tempat berkumpulnya para jin dari seluruh Tanah Jawa. Karena konon katanya, dahulu banyak orang yang tersesat di hutan tersebut, kemudian dirampok dan dibunuh oleh perampok yang berdiam di Alas Purwo.

Dan pada tanggal 1 suro saat bulan purnama, banyak warga yang bersemedi di Alas Purwo untuk mencari wangsit. Beberapa tempat yang ada di Alas Purwo pun sering dijadikan tempat untuk melakukan ritual keagamaan. Selain itu, setiap tahunnya ribuan umat Hindu dari Banyuwangi dan Bali mengunjungi Pura yang terdapat di Alas Purwo.

Terlepas dari cerita keangkeran Alas Purwo, Taman Nasional ini memiliki keindahan alam yang tersembunyi, karena letaknya berada jauh di dalam hutan yang masih bisa dikatakan tergolong perawan. Hutan dan para satwa yang terdapat didalamnya, goa-goa nan eksotis, serta pantai-pantai yang berpasir putih merupakan hal yang bisa Anda nikmati di Alas Purwo.

Hutan Alas Purwo
Taman Nasional Alas Purwo memiliki ekosistem yang beraneka ragam. Ada 6 ekosistem yang bisa Anda temui di Tanam Nasional Alas Purwo, yaitu hutan bakau, hutan pantai, hutan bambu, hutan alam, hutan tanaman, dan juga savana alias padang rumput. Ragam ekosistem yang ada di Alas Purwo menjadikan tempat ini sebagai rumah bagi beragam satwa liar, mulai dari mamalia, berbagai jenis species burung, reptil, dan juga amfibi.

Di hutan Alas Purwo anda dapat melihat banteng, rusa, kijang, macan tutul, monyet ekor panjang, kucing hutan, burung merak, penyu, dan berbagai jenis satwa lainnya.

Untuk mencapai lokasi Alas Purwo tidaklah sulit. Dari pusat Kota Banyuwangi, Anda harus menempuh jarak sekitar 65 KM dengan kendaraan bermotor menuju Kec. Muncar lalu menuju ke Kec. Tegaldlimo. Kemudian melewati hutan jati sebelum mencapai Pos Rowobendo yang merupakan gerbang utama Taman Nasional Alas Purwo.

Di Rowobendo, Anda harus melapor dan membayar biaya retribusi dan tiket masuk. Lalu perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri pepohonan yang menjulang tinggi dan kian rapat. Di antara hutan, berdiri sebuah Pura yang disebut dengan Pura Giri Salaka. Pura ini biasanya digunakan untuk melakukan upacara Pager Wesi.

Fauna di Alas Purwo
Padang rumput Sadegan merupakan salah satu kawasan favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Dari kejauhan, Anda akan dapat menyaksikan satwa-satwa liar yang ada di savana ini. Anda juga dapat melihat keindahan savana ini dari atas menara pandang yang disediakan di kawasan ini. Sayangnya pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke dalam savana, hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian satwa yang ada disana.

Pantai Trianggulasi, Banyuwangi
Pantai Trianggulasi merupakan salah satu pantai yang bisa Anda nikmati keindahannya di Alas Purwo. Letaknya berjarak 30 menit dari pintu gerbang. Sepanjang mata memandang, terhampar gugusan pasir putih yang lembut dengan air yang jernih. Sebuah pemandangan luar biasa yang bisa Anda nikmati di lokasi yang terkesan angker seperti Alas Purwo ini.

Pantai Pancur, Banyuwangi
Dan di arah timur dengan jarak sekitar 3 Km, Anda juga dapat mengunjungi Pantai Pancur. Dinamakan demikian karena di pantai ini terdapat air yang seolah memancur keluar melalui celah celah batuan cadas. Keindahan alam Pantai Pancur tak kalah indahnya dengan Pantai Trianggulasi.

Sebenarnya masih ada beberapa pantai lagi yang bisa anda nikmati keindahannya di Alas Purwo seperti Pantai Parang Ireng, Pantai Plengkung dan Pantai Naggelan. Yang semuanya memiliki keindahan dan kecantikan tersendiri.

Selain savana, hutan, dan juga pantai, Anda juga dapat menikmati keindahan gua-gua alam yang terdapat di Taman Nasional Alas Purwo. Ada 44 buah gua yang terdapat disini. Beberapa diantaranya sering dijadikan tempat bersemedi bagi warga.

Subscribe to receive free email updates: