Wisata Indonesia dan Dunia

Lokasi, Letak, dan Rute Menuju Obyek Wisata Gunung Bromo

Lokasi Tempat Wisata Gunung Bromo - Apakah Anda termsuk orang yang suka berpetualang, misalkan mendaki gunung? Jika ya, berarti tidak salahnya jika Anda membaca ulasan artikel yang akan kami bahas dikesempatan ini. Sekarang ini kami akan membahas tentang letak wisata Gunung Bromo. Bagi Anda seorang pecinta alam, tentunya sudah sangat familiar dengan gunung yang terkenal memiliki keindahan alam yang begitu luar biasa ini. Gunung Bromo terkenal dengan keindahan sunrise atau matahari terbitnya, namun ada keunikan lain dari gunung ini yaitu adanya lautan pasir berbentuk kaldera yang luas yang berada di atasnya.

Lokasi Gunung Bromo

Sebagai sebuah obyek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar ± 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari ± 4 km dari pusat kawah Bromo.

Obyek Wisata Gunung Bromo sudah sangat terkenal baik di Indonesia maupun di luar negeri, maka dari itu pasti akan banyak membuat orang penasaran ingin mengunjungi Obyek Wisata Gunung Bromo ini. Nah, bagi Anda yang mungkin masih merasa bingung dan bertanya-tanya dimana lokasi Gunung Bromo berada, pada postingan kali ini berusaha untuk menjabarkan beberapa rute yang dapat Anda tempuh untuk dapat sampai ke lokasi wisata dimana Gunung Bromo berada.

Letak dan Lokasi Gunung Bromo
Gunung Bromo terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Secara geografis, Gunung Bromo dikelilingi oleh 4 wilayah pemerintahan Kabupaten, yaitu Kapupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Lumajang. Nah, karena terletak dan berlokasi diantara 4 kabupaten tersebut, maka Gunung Bromo sangat mudah di akses oleh transportasi dari berbagai penjuru kota di Jawa Timur.

Cara Menuju ke Lokasi Gunung Bromo
Jika Anda berasal dari luar kota atau luar provinsi, seperti dari Jakarta, Bandung, Jogja, atau dari luar pulau seperti dari Kalimantan, Bali, dan dimana saja Anda berada, Anda bisa menuju ke dua kota besar di Jawa Timur, yaitu Surabaya dan Malang dengan menggunakan pesawat, kereta api, atau bus.

  • Menuju Gunung Bromo dari Surabaya
  • Setelah Anda sampai di Surabaya, carilah terminal Purbaya, namun orang surabaya lebih suka menyebutnya dengan nama Terminal Bungurasih, lalu carilah bus yang mengarah ke kota Probolinggo.

    Setelah sampai, Anda sebaiknya mencari rental mobil untuk mencapai Gunung Bromo, karena tidak ada angkutan umum yang menuju Gunung Bromo.

  • Menuju Gunung Bromo dari Malang
  • Malang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur, selain dari kota Surabaya, untuk menuju ke lokasi Gunung Bromo berada, Anda juga dapat mengaksesnya dari kota Malang, dengan rute bus Malang - Pasuruan - Probolinggo.

    Jika Anda masih bingung jika harus naik bus, maka solusinya adalah membeli Paket wisata Bromo yang siap menjemput Anda dari bandara, stasiun, dan terminal yang berada di Malang atau Surabaya. Dengan paket wisata, pastinya bisa memberikan Anda informasi lebih jelas mengenai wisata Bromo.

Rute dan Jalur Menuju ke Lokasi Gunung Bromo
Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi ataupun bagi Anda yang ingin mengetahui rute atau jalur yang ditempuh untuk bisa sampai menuju lokasi Gunung Bromo, berikut ini adalah rute dan jalur yang akan Anda tempuh.
  • Jalur dan Rute ke Bromo dari Kab. Probolinggo
    1. Tongas – Lumbang – Sukapura – Ngadisari- Cemoro Lawang – Gunung Bromo
    2. Ketapang – Patalan – Sukapura – Ngadisari- Cemoro Lawang – Gunung Bromo

  • Jalur dan Rute ke Bromo dari Kab. Malang
  • Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang -Penanjakan – Gunung Bromo

  • Jalur dan Rute ke Bromo dari Kab. Pasuruan
  • Wonorejo – Warungdowo – Tosari – Wonokitri – Pananjakan – Gunung Bromo

  • Jalur dan rute ke Bromo dari Kab. Lumajang
  • Senduro – Bumo – Ranu Pane – Gunung Bromo
Letak dan lokasi Wisata Gunung Bromo tidaklah sulit untuk dicapai, baik dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi, maka layak sekali jika Gunung Bromo tidak pernah sepi dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
Next Page 1 2 3

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Lokasi, Letak, dan Rute Menuju Obyek Wisata Gunung Bromo"

  1. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya: Tshirt Dakwah Islam

    Mau Cari Bacaan yang cinta mengasikkan, disini tempatnya Cinta Karena Allah

    ReplyDelete