Wisata Indonesia dan Dunia

Pantai Base G : Saksi Nyata Sisa Perang Dunia Ke II di Ujung Timur Indonesia

Pantai Base G Jayapura - Mungkin banyak yang belum tahu pesona yang ditawarkan oleh wilayah Indonesia bagian paling timur. Letaknya yang jauh dengan pusat ibu kota menjadikan ongkos transportasi ke Papua bisa dikatakan sangat mahal. Selain itu, terbatasnya jumlah transportasi yang lalu-lalang ke wilayah ini juga membuat pengunjung tidak mudah menjangkaunya. Padahal Papua memiliki sejuta pesona alam luar biasa indah yang dapat menjadi tujuan wisata bagi para pelancong.

Salah satu pesona alam yang ditawarkan oleh Papua adalah Pantai Base G. Pantai ini terletak di di sebelah barat Kota Jayapura yang merupakan Ibu Kota dari Papua. Kira-kira hanya berjarak 10 kilometer dan hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Jayapura untuk sampai ke lokasi pantai ini.

Pantai Base G : Saksi Nyata Sisa Perang Dunia Ke II

Sebenarnya pantai ini memiliki nama Pantai Tanjung Ria, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Pantai Base G. Pantai Base G merupakan saksi nyata dari Perang Dunia II. Karena letaknya berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, maka tentara sekutu membangun sebuah Base Camp di pantai ini. Dulunya Pantai ini dijadikan Base G, yaitu pusat logistik bagi para tentara semasa perang.

Pantai Base G Papua memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah, masih alami dan asri. Hamparan pasir putih yang lembut dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar, menjadikan pantai ini sebagai tempat yang pas bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dan melepas segala rasa stres.

Dari kejauhan terlihat garis pantai yang panjang dan landai dengan air yang berwarna biru. Pantai Base G terlihat sangat elok dan indah. Ditambah lagi pepohonan hijau yang tumbuh disekitar pantai, sungguh merupakan perpaduan keindahan alam yang luar biasa mengagumkan.

Dengan keindahan yang ditawarkan, membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Puncaknya adalah ketika siang dan sore hari di akhir pekan, warga Papua sering menghabiskan waktu mereka menikmati keindahan alam di Pantai Base G.

Pantai Base G - Papua

Menikmati lembutnya pasir putih dengan berjalan tanpa alas kaki sambil menikmati keindahan pantai adalah hal yang sangat menyenangkan. Anda juga dapat bermain pasir di pesisir pantai. Ombak yang relatif tenang membuat pantai Base G menjadi lokasi yang aman bagi para pengunjung yang ingin bermain air sambil berenang.

Berjemur diatas pasir yang lembut juga biasanya menjadi satu aktifitas yang dinikmati oleh para wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara. Namun bagi Anda yang tidak suka berpanas-panasan menjemur diri, Anda bisa duduk-duduk di bawah pohon yang tumbuh disekitar pantai.

Angin laut yang sepoi-sepoi dan pemandangan indah yang terhampar di depan mata akan membuat Anda betah berlama-lama duduk ataupun tiduran di bawah pohon. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda dapat menyewa perahu untuk memancing ke tengah pantai. Anda juga dapat berkeliling wilayah sekitar pantai dengan naik perahu sambil menikmati keindahan alam yang disajikan.

Tempat Wisata Pantai Base G

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai Base G Papua dengan suasana yang lebih sepi dan tenang, maka Anda dapat berkunjung ke pantai ini pada pagi hari di akhir pekan. Pada saat ini biasanya masyarakat Papua sedang menjalankan aktifitas ibadah di Gereja dan baru akan pergi jalan-jalan ketika aktifitas ibadah selesai.

Memang untuk memasuki kawasan wisata ini dan menikmati beberapa fasilitas yang disediakan tidaklah murah. Hal itu karena kawasan pantai Base G masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Namun keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Base G tidak akan membuat Anda merasa rugi untuk membayar harga yang sedikit mahal.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pantai Base G : Saksi Nyata Sisa Perang Dunia Ke II di Ujung Timur Indonesia "