Wisata Indonesia dan Dunia

4 Tempat Wisata Pantai Indah di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pantai Bangka Belitung
Wisata Pantai Bangka Belitung
Wisata Pantai Bangka Belitung - Provinsi Bangka Belitung merupakan provinsi kepulauan hasil pemekaran dari wilayah Prov. Sumatera Selatan. Pulau Bangka dan Pulau Belitung merupakan pulau terbesar yang ada di provinsi ini. Sedangkan pulau-pulau lainnya hanyalah pulau-pulau kecil yang jumlahnya mencapai 470 buah, dan hanya 50 pulau saja yang dari keseluruhan pulau di Prov. Bangka Belitung yang dihuni.

Prov. Bangka Belitung makin dikenal namanya setelah Prov. Bangka Belitung dijadikan lokasi film yang diadaptasi dari sebuah novel yang berlatar belakang kehidupan anak-anak di pulau ini. Pasti Anda sudah mengetahui film apa yang dimaksud (Laskar Pelangi).

Keindahan panorama Prov. Bangka Belitung memang sangat mengagumkan. Daya tarik daerah ini menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati langsung keindahan alam yang ditawarkan. Berikut ini pantai di Bangka Belitung yang wajib Anda kunjungi jika sedang berwisata ketempat ini:

1. Pantai Tanjung Kalian
Wisata Pantai Tanjung Kalian
Wisata Pantai Tanjung Kalian - Belitung
Pantai tanjung kalian memiliki panorama yang sangat indah. Pulau ini berjarak 9 KM dari kota Muntok, atau sekitar 138 KM dari Kota Pangkal Pinang. Di pantai ini terdapat sebuah mercusuar tua yang didirikan oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1862. Selain itu, di pantai juga terlihat sisa bangkai kapal bekas Perang Dunia II.

Dari atas mercusuar ini, Anda bisa melihat keindahan Pantai Tanung Kalian dengan lautannya yang biru. Untuk bisa melihat keindahan dari atas mercusuar ini maka para pengunjung harus menaiki tangga-tangga menuju puncak mercusuar yang berjarak 56 meter.

2. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi Belitung
Pantai Tanjung Tinggi - Belitung
Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua buah tanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Lokasi Pantai Tanjung Tinggi terletak sekitar 31 KM dari Kota Tanjung Pandan dan 8 Km dari Sijuk.

Pantai Tanjung Tinggi memiliki area seluas kurang lebih 80 Hektar dan bisa di tempuh dari Tanjung Pandan dalam waktu sekitar 45 menit. Pantai ini memiliki pasir putih dengan ratusan batu granit yang tersebar disekitar tanjung.

Bukan hanya batu granit yang berukuran kecil, tetapi juga bebatuan yang berukuran besar. Dengan keindahan pantai pasir putih dan bebatuan granitnya, jadi tak heran jika pantai ini menjadi lokasi tujuan bagi para wisatawan.

3. Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri Belitung
Pantai Parai Tenggiri - Belitung
Pantai Parai Tenggiri terletak di Desa Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka. Pantai ini memiliki pasir putih dengan bebatuan granitnya. Air Pantai Parai Tenggiri juga jernih. Batu-batu granit yang tersebar di sekitar pantai menambah keindahan dan asrinya pantai ini.

Fasilitas yang ditawarkan di pantai ini juga lengkap seperti, hotel, outbound, permainan olah raga air banana boat, serta perahu untuk memancing lengkap dengan peralatannya. Di Pantai Parai Tenggiri, Anda juga dapat melakukan aktivitas menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang menawan.

4. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang Belitung
Pantai Tanjung Kelayang - Belitung
Lokasinya di Kecamatan Sijuk, sekitar 27 KM dari Kota Tanjung Pandan. Pantai Tanjung Kelayang memiliki panorama yang indah. Sama seperti pantai-pantai di Bangka Belitung lainnya, pantai Tanjung Kalayang juga memiliki pasir putih dengan ratusan batu granit yang menghias sekitar pantai.

Tanjung Kelayang memiliki pesisir sepanjang kurang lebih 1,5 Km dengan lebar pantai ± 7 M pada saat pasang tertinggi dan ± 10 M pada saat pasang terendah. Pantai Tanjung Kelayang meliputi area seluas 60 Hektar.

Karakteristik Pantai Tanjung Kelayang berpasir putih dengan laut biru yang tenang serta panorama pohon kelapa di sepanjang pesisirnya. Karakter pantai yang sungguh cocok untuk berenang atau berjemur diantara bebatuan granit yang tersusun menakjubkan.

Salah satu formasi unik yang dibentuk oleh bebatuan granit disekitar pulau ini adalah bentuk kepala burung. Karena keindahan alamnya, pantai ini sering dijadikan tempat berlangsungnya event yang bertaraf Internasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tempat Wisata Pantai Indah di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment