Objek Wisata Gereja Puhsarang Kediri

Gereja Puhsarang Kediri - Puhsarang atau Pohsarang merupakan gereja katolik yang lokasinya berada di kaki Gunung Wilis. Letaknya berada di Desa Pohsarang, Kec. Semen, Kab. Kediri, Jawa timur. Didirikan pada tahun 1936, atas inisiatif dari Romo Jan Wolters. Gereja ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik. Keindahan arsitektur Jawa dan arsitektur gereja pada umumnya bercampur menjadi satu desain bangunan yang cantik. Selain itu juga suasana Puhsarang sangatlah asri. Mungkin karena letakknya di kaki gunung sehingga udaranya terasa segar.

Gereja Puhsarang Kediri

Walaupun Puhsarang merupakan gereja tempat beribadah umat katolik, tapi tempat ini juga telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Kediri. Tiap akhir pekan, para wisatawan ramai berkunjung ke tempat tersebut. Bukan hanya pemeluk agama katolik saja yang datang, bahkan wisatawan yang berasal dari agama lain pun datang ke tempat ini untuk sekedar melihat-lihat keidahan arsitektur bangunan gereja tua ini. Inilah salah satu bentuk toleransi umat beragama yang memang harus selalu kita junjung tinggi dalam kehidupan.

Gerbang Puhsarang

Salah satu daya tarik dari objek wisata Gereja Puhsarang ini memanglah desain bangunannya yang unik. Bangunannya dibangun sedemikian rupa sehingga menyerupai candi peninggalan zaman kerajaan Hindu di tanah Jawa. Bisa dibilang saat gereja ini dibangun arsiteknya, Ir. Maclaine Pont, sangat berusaha menyerap budaya lokal ke dalam rancangannya. Walapun gereja ini telah direnovasi beberapa kali, akan tetapi bentuk aslinya tidaklah berubah.

Daya tarik Puhsarang bukan hanya pada bangunannya saja. Tapi disini juga terdapat sebuah miniatur Goa Maria Lourdes. Goa kecil ini sering didatangi umat katolik untuk berdoa. Tepat di depan goa terdapat bangku-bangku yang berjejer yang biasa dipakai umat katolik duduk sambil memanjatkan doa.


Lokasi kawasan tempat wisata Gereja Puhsarang ini dipenuhi oleh pepohonan rindang, sehingga pengunjung yang datang berwisata ataupun berdoa tidak akan kepanasan akibat terik matahari. Selain itu juga, dibagian atas goa terdapat sebuah patung Maria Lourdes yang menjulang tinggi setinggi 3.5 meter. Patung ini merupakan replika patung Maria Lourdes yang berada di Prancis. Tapi bedanya jika patung yang ada di Prancis tingginya hanyalah 1.75 meter saja.

Selain kawasan Goa Maria Lourdes, ada beberapa spot atau kawasan lain yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan di sekitar objek wisata Gereja Puhsarang ini, baik untuk berdoa maupun hanya sekedar melihat-lihat saja. Kawasan tersebut antara lain; Jalan Salib Bukit Golgota dan Taman Kana. Di Jalan Salib ini terdapat stasi-stasi berupa patung besar yang menggambarkan rentetan perjalanan Yesus dalam Injil. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin mengadakan kegiatan rohani di Puhsarang juga tersedia Wisma Betlehem untuk menginap dan gedung pertemuan yang biasanya digunakan untuk berbagai kegiatan.

Jalan Salib Puhsarang

ibadah di gereja puhsarang

Di lokasi wisata ini tersedia warung-warung makan yang bejejer teratur. Tapi bagi pengunjung yang beragama Islam disarankan untuk tidak membeli makanan di kawasan ini karena cukup susah mendapatkan makanan halal di sekitar tempat ini, namun untuk amannya tidak ada salahnya jika Anda menanyakan terlebih dahulu kepada penjualnya ataupun membawa bekal sendiri.

Subscribe to receive free email updates: