10 Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan

Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan
Tempat Wisata di Batu dan Malang - Apakah yang terlintas di pikiran Anda pada saat mendengar kata Malang? Apakah udaranya yang cukup sejuk? Malang berlokasi di daerah sekitar pegunungan, yang menyebakan udaranya cukup sejuk dan menjadikannya sebagai salah satu tempat tujuan wisata terfavorit di Jawa Timur.

Kota malang identik dikenal dengan buah apel hijau yang dikenal masyarakat dengan sebutan apel Malang, walaupun sebenarnya apel tersebut berasal dari Kota Batu, sebuah kota yang letaknya 15 km sebelah barat laut Kota Malang dan berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Memang Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 27 April 1993 dan pada tanggal 21 Juni 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Kota Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Bersama dengan Kabupaten Malang dan Kota Malang, Kota Batu merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan sebutan Malang Raya. Oleh karena itulah, masih banyak yang mengatakan Kota Batu dengan sebutan Batu Malang, walaupun sebenarnya sudah bukan lagi bagian dari Kabupaten Malang.

Nah, jika Anda pernah melihat banyaknya tempat pariwisata di Batu dan Malang melalui siaran TV dan ingin berlibur ke sana, namun Anda masih bingung tempat wisata manakah di Batu yang cocok untuk Anda kunjungi. Simaklah beberapa tempat wisata di Batu dan Malang berikut ini.

Tempat Wisata Di Batu dan Malang yang Sayang Dilewatkan

  1. Jatim Park I dan Jatim Park II
  2. Jatimpark
    Jatim Park
    Jatim Park merupakan wahana serta tempat rekreasi juga taman belajar yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur. Ada dua tempat wisata yang bernama Jatim Park ini. Keduanya berada di bawah pengelolaan Jawa Timur Park Group, yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Jatim Park 1 berada di Jl. Kartika No. 2 Kota Batu, yang merupakan kawasan lereng timur gunung Panderman, dengan luas area mencapai 11 hektar dan posisinya di ketinggian 850m dpl membuat wisata menjadi lebih menyegarkan. Sedangkan Jatim Park 2 terletak di Jl. Oro-oro Ombo No.9, Kec. Batu, yang berdiri di atas lahan seluas lebih kurang 14 Hektar. Perbedaanya adalah dalam segi wahana yang lebih ditonjolkan.

    Jika di Jatim Park 1 lebih menonjolkan tempat hiburan juga bermain, sebaliknya di Jatim Park 2 lebih menonjolkan sebagai tempat belajar. Sebenarnya tidak terlalu banyak yang berbeda, yang jelas kedua tempat itu merupakan tempat rekreasi dan pembelajaran yang juga telah mengangkat kota Batu sebagai tempat pariwisata di Jawa Timur yang patut diperhitungkan dan dikunjungi.

    Jatim Park 1 juga merupakan ikon dari jawa Timur dengan lebih dari 56 macam aneka permainan, yaitu seperti kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, drop zone, 3D Ghost Haunter, dan lain-lain. Wahana bermain khususnya anak-anak juga banyak pilihannya missal mendayung (flum ride), taman bermain, sky copter, star chase, flying tornado, walking animal, mobil listrik dan lain-lain.

    Jatim Park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai dengan habitatnya. Jatim park 2 terdiri dari Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Pohon Inn Hotel pada bagian depan, dan masih banyak tempat yang lain, seperti long flume, cafe istana semut, river adventure, fantasy land, safari farm, dan lain-lain.

    Harga tiket masuk ke Jatimpark 1 untuk hari biasa (Senin-Kamis) Rp. 60.000,-/orang dan untuk akhir pekan (Jumat-Minggu) liburan dan tanggal merah Rp. 80.000,-/orang. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu, dan untuk lebih jelasnya bisa megunjungi situs resmi dari Jatim Park Grup untuk mengetahui harga tiket masuk terbaru ke Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Eco Green Park, Batu Night Spectacular dan tempat wisata lainnya yang dikelola oleh Jatim Park Group.

    Harga tiket masuk ke Jatim Park 2 yang berlaku mulai tanggal 16 Februari 2015, untuk hari biasa (Senin-Kamis) Rp. 75.000,-/orang, sedangkan untuk akhir pekan (Jumat-Minggu) liburan dan tanggal merah Rp. 105.00,-/orang. Untuk Paket Tiket Sakti, semua hari Rp. 275.000,-/orang, yang merupakan tiket masuk terusan untuk Jatimpark 1, Jatimpark 2, Eco Green Park, Museum Angkut, Museum Tubuh dan Tiket masuk Batu Night Spectacular.

  3. Eco Green Park
  4. Eco Green Park
    Eco Green Park
    Eco Green Park (EGP) masih merupakan wisata edukasi dari Jatimpark Grup yang menyajikan sebuah tempat berupa taman rekreasi belajar yang diisi oleh kebun binatang mini dan informasi mengenai pemeliharaan lingkungan. Eco Green Park juga mempunyai berbagai wahana menarik lainnya, seperti Geology Science Center, Walking Bird, Animal Farm, Duck Kingdom, World Parrots, Dome Multimedia, Eco Science Center, Pasar Burung dan Insectarium. Tidak ketinggalan, di sini Anda dapat mendengarkan alunan musik yang dihasilkan dari air di wahana Music Plaza.

    Harga tiket masuk ke Eco Green Park (EGP) yang berlaku mulai tanggal 16 Februari 2015, untuk weekday (Senin-Kamis) 40.000 rupiah/orang, dan untuk akhir pekan (Jumat-Minggu) 60.000 rupiah/orang. Kemudian Untuk anak-anak yang tinggi badannya dibawah 85cm tiket GRATIS (diatas 85cm tiket penuh). Untuk rombongan setiap 30 free 1 tiket (30+1) dan berlaku kelipatanya. Untuk harga tiket masuk, lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resmi Jatimpark Gruop.

  5. Museum Angkut
  6. Museum Angkut
    Museum Angkut
    Di dalam Museum Angkut, Anda dapat mencari informasi tentang sejarah dan perkembangan transportasi di dunia dengan cara yang cukup menyenangkan. Pada tempat wisata ini, terdapat berbagai jenis koleksi kendaraan, mulai dari jenis transportasi tradisional sampai modern, mulai dari sepeda onthel, delman, mobil listrik sampai mobil balap F1.

    Museum Angkut plus movie star studio, di tempat ini terbagi menjadi beberapa zona, diantaranya Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa dan Gudang Batavia, Zona Gangster Town & Broadway Street, Zona Hollywood, Zona Pasar Apung, Zona Las Vegas, dan masih ada beberapa zona lainnya yang pastinya menyajikan keunikan dan ke khasan setiap zona berdasarkan nama zonanya.

    Harga tiket masuk ke Museum Angkut untuk hari biasa (Senin–Kamis) 60.000 rupiah/orang, dan untuk akhir pekan (Jumat-Minggu) liburan dan tanggal merah 80.000 rupiah/orang. Untuk paket rombongan, minimal pembelian 30 tiket mendapat bonus 1 tiket.

  7. Batu Night Spectacular
  8. Batu Night Spectacular (BNS)
    BNS (Batu Night Spectacular)
    Sesuai dengan namanya, Batu Night Spectacular (BNS), tempat ini akan terlihat spektakuler bila dikunjungi pada malam hari. Di tempat ini, Anda dapat menjumpai sebuah tempat yang suasananya mirip dengan pasar malam apalagi dengan ditambah komedi putar dengan kuda-kuda buatan yang bisa Anda naiki.

    Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya, seperti galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. Di obyek wisata ini anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain. Di tempat ini pula Anda dapat menyaksikan cantiknya lampion dengan berbagai warna dan bentuk saat malam tiba.

    Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam. Selain berbagai wahana menarik, keunikan BNS juga didukung letaknya yang sangat strategis di dataran tinggi. Dari obyek wisata malam ini, Anda bisa menikmati pemandangan alam Kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di kawasan Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana malam Anda.

    Harga tiket masuk untuk hari biasa (Senin – Kamis) 20.000 rupiah/orang, dan untuk akhir pekan (Jumat-Minggu) liburan dan tanggal merah 30.000 rupiah/orang.

  9. Alun-alun Kota Batu
  10. Alun-Alun Kota Batu
    Alun-Alun Kota Batu
    Nah, jika Anda mencari tempat wisata yang murah meriah, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi alun-alun Kota Batu. Lokasi Alun-Alun Kota Batu Malang ini menjadi titik central tempat hiburan bagi masyarakat Kota Batu. Lampu-lampu hias serta air mancur yang ada di sekitar taman alun-alun memberikan nuansa keindahan tersendiri bagi pengunjungnya.

    Anda bisa menemui berbagai macam wahana yang ada, salah satu wahana yang terkenal di alun-alun Kota Batu adalah Ferris Wheelnya atau mungkin lebih akrab ditelinga kita dengan sebutan Bianglala. Ferris Wheel atau bianglala ini memiliki 17 kabin yang berputar dan mempunyai berbagai macam warna, seperti merah, kuning, dan hijau.

    Di dalam bianglala, kita bisa menikmati pemandangan Kota Batu yang indah saat bianglala berada di atas. Selain itu, bagi Anda yang gemar berfoto, Anda juga bisa mengabadikan gambar Anda di dalam bianglala dengan latar belakang Kota Batu yang indah, apalagi bila dilihat saat malam hari.

    Wahana lainnya yang bisa dinikmati di Alun-alun Batu adalah taman bermain anak. Wahana ini memang dikhisuskan hanya untuk anak-anak, jadi hanya anak-anak saja yang bisa menikmatinya, dan orang tua bisa melihat dan mengawasi anak-anak mereka bermain disekitar taman bermain.

    Di sekitar alun-alun, kita bisa menemui berbagai macam wisata kuliner, seperti ceker setan, ketan legenda, dan juga berbagai macam jajanan lainnya. Di sebelah utara, ada sebuah bangunan berbentuk buah strawbary dan apel yang besar. Untuk Strawbary yang berwana merah merupakan tempat untuk kita mendapatkan informasi tentang kegiatan yang ada di Kota Batu, dan untuk yang berbentuk apel itu adalah toilet umum yang disediakan di lokasi untuk para pengunjung, jadi jangan sampai tertukar ya.

  11. Pantai Sipelot
  12. Pantai Sipelot di Kab. Malang
    Pantai Sipelot
    Di Malang ada banyak pantai terkenal dan belum terkenal yang wajib untuk Anda nikmati keindahannya. Salah satu pantai yang masih virgin adalah Pantai Sipelot. Secara administratif, lokasi tempat wisata Pantai Sipelot masuk wilayah Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    Konon nama asli pantai ini adalah Spelot yang berasal dari bahasa Belanda yang artinya persinggahan. Menurut sejarahnya, pada zaman dahulu pantai ini memang menjadi tempat persinggahan paling nyaman bagi Belanda.

    Untuk sampai ke pantai tersebut, jika Anda dari Kota Malang, Anda bisa menuju Kecamatan Dampit lalu menuju ke arah Kecamatan Tirtoyudo. Setelah memasuki Kecamatan Tirtoyudo terdapat petunjuk arah untuk berbelok ke kanan menuju Pantai Sipelot dan lurus ke arah tenggara sampai Desa Pujiharjo.

    Kondisi jalan menuju Pantai Sipelot sudah mulus beraspal, tetapi Anda tetap harus berhati-hati karena jalannya sempit dan berkelok-kelok sampai ke area pantainya. Sekitar 10 km dari pantai, beberapa ruas jalan agak berlubang dan terkadang terdapat sebaran pasir di jalan yang akan dilalui.

    Pantai Sipelot memiliki karakteristik dengan pasir berwarna putih kecoklatan dan laut berwarna biru jernih. Hal ini menjadi magnet kuat yang dimiliki oleh Pantai Sipelot, sehingga banyak pengunjung yang mendatanginya. Sayangnya Anda tidak bisa berenang di pantai tersebut, karena ombaknya tinggi, sehingga cukup berbahaya jika Anda melakukannya.

    Akan tetapi, meskipun Anda tidak bisa berenang di PAntai Sipelot, nilai plus lainnya yang dimiliki pantai ini adalah dengan adanya Coban Sipelot, yaitu air terjun yang tingginya kurang lebih sekitar 10 meter. Air terjun ini cukup deras dan bisa dilihat dengan jelas dari bibir pantai, namun akses menuju air terjun ini cukup terjal dan sulit dilalui.

  13. Pantai Balekambang
  14. Pantai Balekambang
    Pantai Balekambang
    Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia. Secara administratif kawasan Balekambang masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sekilas pantai ini sama seperti Tanah Lot di Bali, karena memiliki pura di atas pulau karang.

    Perbedaannya adalah pura di Balekambang berukuran lebih kecil dan memang sengaja dibangun pada tahun 1985 oleh bupati Malang mengikuti desain Pura yang berada di Tanah Lot, Bali. Pura yang ada di tempat wisata Balekambang dihubungkan dengan jembatan beton sepanjang 100 meter, dan hal ini terlihat cantik terutama jika dilihat pada saat senja tiba.

    Pantai Balekambang selain sebagai tempat wisata alam, juga bisa disebut sebagai tempat wisata religi. Pada hari-hari tertentu, ribuan pengunjung datang ke pantai ini untuk melakukan ritual. Bagi umat Islam, mereka menjalani ritual dengan berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil, yang merupakan orang pertama yang membabat Pantai Balekambang.

    Selain umat Islam, umat Hindu pun menjadikan pantai ini sebagai tempat ibadah utama setiap setahun sekali. Tepatnya pada hari raya Nyepi, lokasinya di Pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo.

  15. Pulau Sempu
  16. Pulau Sempu
    Pulau Sempu
    Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Secara administratif, Pulau Sempu berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tempat wisata alam Pulau Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah kota. Pulau Sempu memiliki berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau.

    Yang paling menarik di sini adalah Segara Anakan yang merupakan sebuah danau di tengah pulau dengan luas 4 hektar. Segara Anakan adalah pantai tersembunyi yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi oleh tebing. Jika dilihat, sekilas Segara Anakan ini mirip dengan Pantai Phuket yang ada di Thailand.

    Pada hakikatnya Pulau Sempu merupakan Cagar Alam yang wajib dijaga kelestariannya. Jadi jika Anda ke Pulau Sempu, tolong tetap jaga kebersihan dan kelestarian tempat tersebut.

  17. Alun-Alun Kota Malang
  18. Alun-Alun Kota Malang
    Alun-Alun Kota Malang
    Sesuai dengan namanya, alun-alun Kota Malang berada tepat di tengah Kota Malang dan merupakan tempat wisata murah di Malang yang juga tempat yang sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang mengunjungi Kota ini. Di tempat tersebut , Anda bisa bersantai sambil menikmati puluhan burung merpati yang berterbangan di sekitar alun-alun Kota Malang.

    Selain bisa melihat burung merpati yang berterbangan, Anda juga bisa melihat air mancur jernih yang berada tepat di tengah alun-alun. Air mancur tersebut delengkapi dengan penataan dan permainan cahaya yang tentunya semakin mempercantik air mancur jika dilihat saat malam hari. Selain air mancur, Anda juga bisa menikmati intrenet gratis yang disediakan oleh PT Telkom.

    Tak jauh dari alun-alun terdapat Masjid Agung Jami' yang kini ada penambahan shof di area barat Alun-Alun Malang, yang diberikan garis shof berwarna merah di antara rerumputan yang hijau. Jika Anda ingin merasakan sensasi sholat di atas permadani rumput yang empuk, maka sholatlah di sini saat Idul Fitri nanti.

    Karena letaknya tepat di tengah kota, maka Anda akan dengan mudah menjumpai fasilitas yang memudahkan Anda, seperti Loket BRI, Toilet, dan pusat berbelanjaan alun-alun mall Ramayana yang terletak di Pojok Timur Utara.

  19. Toko Oen
  20. Toko Oen
    Toko Oen
    Toko Oen adalah tempat wisata kuliner yang berupa toko es krim yang sudah beroperasi sejak tahun 1930. Cerminan tuanya usia Toko Oen ini nampak sekali pada desain arsitektur bangunannya yang khas Belanda serta pajangan foto hitam putih suasana Kota Malang di masa lampau. Furnitur seperti kursi rotan rendah yang ditata mengelilingi meja bundar juga nampak sangat khas tempoe doeloe.

    Sejak dulu, Toko Oen ini sudah dikenal dengan ice creamnya. Varian rasa es krim seperti Tutti Fruity Cassata yang terbuat dari buah-buahan, kemudian Sparkling Delight yakni es krim buah cocktail yang disajikan dengan kembang api menyala, lalu Morkus yakni es krim dengan cita rasa kopi, dan masih banyak lagi lainnya. Semua varian es krim tersebut bisa Anda nikmati dengan membayar sekitar Rp. 20.000 atau lebih (harga bisa berubah).

    Menu andalan Toko Oen yang lain sepeti berbagai jenis es tradisional dan makanan pun juga ada. Aneka es tradisional yang bisa Anda pesan di Toko Oen seperti es sirop, es kolang-kaling, es dawet selasih atau es campur. Tak hanya itu, Toko Oen juga menyuguhkan varian menu makanan dari steak, cake & tart, nasi goreng, chicken salad hingga aneka kue kering khas tempoe doeloe.
Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Kota Batu dan Kota Malang yang bisa Anda kunjungi dan sayang untuk dilewatkan, seperti Kebun Teh Wonosari, Museum Malang Tempo Doeloe, Museum Brawijaya, Agro Tawon Rimba Raya, D’Topeng Museum, Pantai Ngeliyep, Sumber Air Krabyakan, Museum Kesehatan Jiwa, Air Terjun Sumber Pitu, Omah kayu, Inggil Museum Resto, Coban Rondo, Coban Talun, Coban Pelangi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Batu dan Malang yang sayang untuk dilewatkan versi tempatwisata.net, semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi dan referensi untuk Anda yang sedang atau merencanakan liburan ke Kota Malang dan Kota Batu.

Subscribe to receive free email updates: