Pendakian Menuju Puncak Gunung Semeru

Bagi Anda seorang pecinta alam tentunya Anda sudah sangat familiar dengan gunung yang terkenal memeliki keindahan alam yang begitu luar biasa, yaitu Gunung Semeru. Secara administratif Gunung Semeru masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tenger Semeru, yang memiliki luas sekitar 50.273 hektar. Seperti namanya, taman ini merupakan kawasan berdirinya gunung-gunung, diantaranya adalah Gunung Bromo, Gunung Widoderan, Gunung Batok, dan Gunung Semeru. Dari gunung yang ada di Taman Nasional tersebut, Gunung Semeru merupakan gunung yang paling tinggi, dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl.

Rute Pendakian Gunung Menuju Puncak Semeru

Menurut badan geografi dan fisika, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif yang ada di Indonesia. Menurut badan geografi dan fisika, gunung ini setiap 20 menit sekali mengeluarkan kepulan asap atau dalam Bahasa Jawa disebut Wedus Gembel. Puncak Gunung Semeru bernama Mahameru atau yang sering disebut dengan atap Pulau Jawa, sebab gunung ini merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

Puncak Mahameru ini merupakan puncak gunung yang paling di favoritkan oleh para pendaki gunung, hal inilah yang menjadikan Gunung Semeru selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki gunung dari dalam negri maupun luar negri. Dan yang menariknya lagi, orang yang pertama kali menginjakan kaki di Puncak Mahameru bukan orang asli Indonesia melainkan orang berkebangsaan Belanda yang bernama Van Gogh pada tahun 1911.

Selain dikenal sebagai tujuan favorit para pendaki, gunung ini juga sering dijadikan tempat wisata alam yang sekarang ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di gunung ini, Anda akan menemukan berbagai macam bunga, diantaranya yaitu bunga yang dikenal sebagai bunga abadi, ysitu Edelweiss, dan bunga Anggrek Selop yang merupakan Bunga Anggrek endemik Semeru . Bagi Anda yang tertarik ingin mendaki gunung ini, kami berikan rute pendakian Gunung Semeru yang sudah kami rangkum berikut ini.
Next Page 1 2 3

Subscribe to receive free email updates: