Wisata Indonesia dan Dunia

Tempat Wisata Kuliner Jogja yang Sudah Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Kuliner Jogja yang Sudah Terkenal dan Wajib Dikunjungi
Wisata kuliner Jogja - Kota Yogyakarta merupakan kota yang menawarkan sejuta pesona bagi mereka yang mengunjungi kota istimewa ini. Keramahan warganya dan kekayaan budayanya, mungkin salah satu faktor yang menjadikan kota ini selalu ramai dikunjungi oleh berbagai wisatwan, baik dari dalam negri maupun manca negara.

Jogja tidak pernah sepi oleh wisatawan, pada hari-hari biasa saja, kota ini selalu rame dikunjungi oleh wisatawan, apalagi jika musim liburan telah tiba. Pastinya Kota ini akan dibanjiri oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan kota yang kaya dengan budayanya ini.

Hal tersebut tidak lepas dari berbagai macam tempat wisata yang ditawarkan oleh kota ini. Jogja menawarkan berbagai macam wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, dan masih banyak yang lainnya.

Banyak wisatawan yang ketagihan ingin mengunjungi jogja karena wisata kuliner yang ditawarkan oleh kota ini. Saya pribadi jika mengunjungi kota ini tidak pernah absen untuk menikmati kopi joss yang biasanya terdapat di angkringan sekitaran Malioboro.

Banyak jajanan atau kuliner khas Jogja yang bisa Anda nikmati. Nah, bagi Anda yang mungkin berencana untuk mengunjungi Jogja dan mungkin baru pertama kali menginjakkan kaki di Jogja, agar Anda tidak bingung mencari tempat bersantap di Jogja, berikut tempat wisata kuliner di Jogja yang akan membuat Anda ingin kembali lagi dan lagi.

Mari menjelajah Jogja melalui rasa. Cicipi manis, pedas, asam, dan asinnya kekayaan kuliner Jogja serta kisah di baliknya.

10 tempat wisata kuliner Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi

  1. Angkringan Lik Man
  2. Bagi Anda yang pernah hidup di kota jogja baik itu untuk bersekolah, kuliah, atau pun bekerja, pasti Anda sudah sangat akrab sekali mendengar kata angkringan. Ya, angkringan merupakan salah satu tempat kuliner rakyat yang berasal dari jogja. Biasanya angkringan ini berada di pinggir-pinggir protokol jalan raya. Dan salah satu tempat angkringan yang paling terkenal di jogja yaitu Angkringan Lik Man.

    Mungkin yang jadi pertanyaan, dari sekian banyak angkringan yang ada di jogja, mengapa angkringan Lik Man yang paling terkenal? Itu karena angkringan Lik Man merupakan angkringan pertama yang ada di Jogjakarta, dan yang membedakan angkringn lik man dengan angkringan lainnya yaitu, angkringan ini menyediakan "kopi joss" yang merupakan menu andalan di angkringan ini.

    Cara penyajian kopi ini sangat unik, karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Saat arang yang membara dimasukkan ke dalam kopi, maka akan menimbulkan suara atau bunyi 'jooossss'. Nah, bunyi yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya mendapat sebutan Kopi Joss.

    Kopi Joss memiliki rasa unik dan khas yang tidak dimiliki kopi lainnya. Konon, arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralisir kafein, sehingga kopi ini aman untuk pencernaan Anda.

  3. Nasi Goreng Beringharjo
  4. Memang untuk menikmati nasi goreng di jogja, Anda bisa menikmatinya dimana saja, karena memang banyak yang menjajakannya. Namun, di jogja ada sebuah rumah makan yang menyediakan nasi goreng yang memiliki rasa istimewa, yaitu Nasi Goreng Beringharjo yang bisa Anda coba saat erkunjung ke kota gudeg ini.

    Nasi Goreng Beringharjo ini telah berdiri sejak tahun 1960 sampai sekarang. Rasa nasi gorengnya pun sama sekali tidak berubah. Itu karena pemiliknya tetap menggunakan resep lawas yang masih terjaga secara turun-temurun. Di sini, Anda dapat memesan nasi goreng ayam atau nasi goreng babi.

    Meskipun ramai pembeli, namun Anda tak perlu menunggu lama sampai pesanan Anda siap. Hal ini dikarenakan nasi goreng telah dimasak dalam jumlah banyak, namun tetap disajikan dalam keadaan hangat dan nikmat. Selain nasi goreng, menu lain yang bisa Anda coba adalah bihun goreng, bakmi goreng dan babi kecap.

    Selain itu, porsi yang disediakan juga terbilang berbeda. Jika Anda merasa belum kenyang menyantap satu porsi nasi goreng, Anda dapat memesan porsi dengan ukuran 1,5 atau 2 yang disajikan dalam satu piring.

    Jika Anda berminat, tidak ada salahnya Anda mengunjungi dan mencoba nasi goreng Baringharjo ini, yang beralamat di jalan Pabringan 1, Yogyakarta.

  5. Gudeg Pawon
  6. Wisata kuliner di Jogja selanjutnya yang bisa Anda kunjungi selain angkringan Lik Man dan nasi goreng beringharjo yaitu Gudeg Pawon. Tempat wisata kuliner yang satu ini merupakan tempat makan yang memiliki menu utama gudeg, di tempat ini, Anda akan merasakan kelezatan gudeg dengan rasa yang berbeda dari rasa gudeg yang ada di tempat lainnya.

    Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 ini melayani pelanggannya langsung dari dapur atau pawon dalam bahasa Jawa. Anda bisa melihat tungku sederhana yang digunakan untuk memasak gudeg tersebut. Meskipun tempatnya sederhana, namun kenikmatan gudeg di tempat ini tak bisa diremehkan.

    Bagi Anda yang suka melakukan wisata kuliner di malam hari, Gudeg Pawon bisa menjadi pilihan tepat. Menikmati nasi gudeg ditambah ayam dan segelas minuman hangat akan menjadi sajian istimewa di tengah dinginnya Yogyakarta di malam hari. Sebaiknya Anda datang sebelum jam buka, karena setiap harinya, Gudeg Pawon selalu ramai antrean pembeli.

  7. House of Raminten
  8. Jika Anda ingin merasakan menikmati kelezatan makanan tradisional, namun di tempat yang berkelas dan modern, Anda bisa mengunjungi House of Raminten. Tempat ini menyajikan berbagai macam hidangan tradisional kota Jogja, di antaranya, cunduk, brongkos, tahu bola, wedang sereh, sate lilit, nasi kucing, dan masih banyak menu tradisional yang lainnya. Yang pasti akan memanjakan lidah Anda.

    Menariknya lagi, tempat ini dibangun dengan arsitek yang mengagumkan. Bila berkunjung ke House of Raminten, Anda akan melihat sebuah kereta kuda yang berada di luar rumah makan, yang didesain dengan indah dan cantik.

    Di area bagian dalam rumah makan ini, Anda bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wewangian dupa yang khas. Nuansa tradisional begitu terasa, karena Anda akan makan dengan diiringi gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini.

    Selain dari arsitektur dan menunya yang menarik, pelayan di rumah makan ini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja makan Anda, disediakan sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika Anda membutuhkan sesuatu.

    Rumah makan ini buka 24 jam, dan jika Anda ingin mencoba menikmati kuliner di rumah makan ini, bisa datang ke alamat di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta.

  9. Sate Klathak Pak Pong
  10. Bagi Anda penggemar sate kambing, tempat wisata kuliner yang satu ini cocok sekali untuk Anda. Mungkin bagi Anda yang baru pertama kali merasakan Sate Klathak Pak Pong, maka rasanya akan berbeda dari sate kambing lainnya. Itu karena bumbu yang digunakannya sangat sederhana, yaitu hanya menggunakan garam, merica, dan kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang membuat sate tersebut memiliki rasa yang khas.

    Selain bumbu, alat yang digunakan untuk memasaknya pun berbeda. Jika biasanya sate dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, maka Pak Pong menggunakan jeruji besi roda sepeda. Penggunaan jeruji besi roda sepeda ini mampu membuat daging matang secara merata. Selain itu, hal ini juga ramah lingkungan, karena jeruji besi roda sepeda dapat digunakan berkali-kali, tidak seperti tusuk sate dari bambu yang hanya sekali pakai.

  11. Banyu Mili Contry Club
  12. Tidak hanya tempat wisata kuliner, tempat ini juga merupakan sebuah tempat rekreasi keluarga. Rumah makan ini memang berada satu lokasi dengan wisata air yang terdiri dari kolam renang, wahana air, serta hutan dan danau buatan.

    Jadi tempat ini merupakan tempat rekreasi sekaligus wisata kuliner yang cocok bagi keluarga. Puas bermain air, saatnya Anda memuaskan lidah dan perut. Coba cicipi menu andalah di sini, yaitu kepiting telur dan udang bakar madu.

    Kepiting dan udang yang disajikan di tempat ini merupakan hasil budidaya sendiri, jadi bisa dipastikan keadaannya masih segar saat dimasak. Menu lain yang tak kalah lezat adalah gurame bakar, ayam goreng, dan juga cumi bakar.

    Jam buka Banyu Mili Contry Club yaitu pukul 10:00–22:00 untuk resto, dan pukul 07:00–18:00 untuk wahana rekreasi. Bagi Anda yang ingin singgah di tempat ini, bisa datang di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta.

  13. Bong Kopitown
  14. Bong Kopitown merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang berkonsep penjara. Bangunan ini dibuat menyerupai penjara lengkap dengan sekat jeruji besi di setiap ruangan. Anda bisa melihat sipir penjara yang berdiri di balik meja kasir serta narapidana yang hilir mudik mengantar pesanan ke setiap meja makan.

    Beberapa menu andalan yang ditawarkan di tempat ini antara lain, kopi tetes, sapo tahu, Penang fried noodle, dan rendang spicy noodle. Begitu duduk di kursi, jangan kaget jika Anda akan didatangi pelayan yang menyodorkan selembar koran yang ternyata merupakan daftar menu dan sejarah berdirinya rumah makan tersebut.

    Bagi Anda yang tertarik menikmati kuliner dengan suasana penjara ini, Anda bisa berkunjung ke Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta. Untuk jam buka tempat makan ini, yaitu pukul 10:00 pagi sampai dengan pukul 24:00 malam.

  15. Manggar Manding
  16. Gudeg umumnya terbuat dari daging nangka muda, namun berbeda dengangudeg yang ada di Manggar Manding. Gudeg di tempat ini terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Konon katanya, gudeg manggar ini merupakan menu istimewa dimasa kerajaan dahulu, yang biasa disajikan bersama dengan sayur krecek dan tempe bacem.

    Jadi dengan kata lain, jika Anda sudah mencicipi gudeg manggar, berarti Anda telah menikmati sajian istimewa kerajaan. Menurut kepercayaan, manggar memiliki khasiat yang sangat bagus, karena bisa memancarkan kecantikan dari dalam bagi penikmatnya. Maka dari itu, tidak heran jika gudeg manggar menjadi menu favorit para puteri kerajaan pada masa itu.

    Tempat wisata kuliner Manggar Manding ini bralamat di Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

  17. Mie Telap 12
  18. Pernahkah Anda melihat gambar pada bungkus mie instan dan merasa tergoda untuk mencicipinya, namun kecewa karena saat membuatnya sendiri di rumah, mie yang kita buat berbeda dari gambarnya. Untuk itu Anda tak perlu merasa kecewa.

    Nah, jika Anda datang ke Mie Telap 12, di tempat ini Anda dapat menikmati mie instan yang disajikan persis seperti gambar yang terlihat pada bungkusnya. Misal jika Anda memesan mie instan rasa kari ayam, maka Anda akan mendapat semangkok mie instan rasa kari ayam lengkap dengan potongan daging ayam, telur rebus, sayur-sayuran, dan topping lainnya yang ditata persis sama seperti gambar pada bungkusnya.

    Jika Anda berminat untuk menikmati kuliner mie instan yang ditata sesuai dengan gambar pada bungkusnya ini, Anda bisa berkunjung ke Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

  19. Kalimilk Yogyakarta
  20. Di Jogja terdapat banyak kafe yang menyajikan aneka produk olahan susu, salah satu yang terkenal adalah Kalimilk. Kalimilk memiliki sebutan unik bagi pelanggannya yaitu Neneners. Di tempat ini, para Neneners bisa mecicipi susu beragam rasa, mulai dari cookies, durian, coklat, dan aneka snack. Ada dua porsi susu yang ditawarkan, yaitu porsi medium dan porsi gajah.

    Untuk memesan porsi gajah, pastikan dahulu bahwa sebelumnya Anda telah mengosongkan perut, karena porsi gajah benar-benar berukuran jumbo. Untuk tempatnya, Kalimilk didesain semi terbuka dan tak menggunakan AC. Karena didisain semi terbuka, maka angin dari luar bisa masuk dan tentunya akan lebih sehat dan Anda juga tidak akan merasa kepanasan.

    Bagi Anda yang tertarik ingin menikmati aneka produk olahan susu atau menjadi salah satu Neneners, Anda bisa datang ke jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta.
Demikian postingan tentang Wisata kuliner Jogja yang sudah terkenal dan perlu Anda kunjungi, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang tengah dan akan berkunjung ke dareah istimewa tersebut, serta ingin mncicipi kuliner khas yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Tempat Wisata Kuliner Jogja yang Sudah Terkenal dan Wajib Dikunjungi"

  1. mantap min ak sih dah pernah ke jogja terus kulinernya enak banget sih Kuliner Enak Jogja

    ReplyDelete
  2. http://radjakolor.com/2019/10/rental-motor-jogja-mulai-50rb-24jam-081333222251.html penak sewa motor ya kak

    ReplyDelete
  3. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Kaos Islami Dakwah

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Hati yang Tulus Tak Bisa Direkayasa

    ReplyDelete